Penerapan Metode K-Means untuk Penentuan Sekolah Prioritas Kunjungan Perpustakaan Keliling

Penulis

  • Riza Rahmawan Universitas Binaniaga Indonesia Penulis
  • Alam Supriyatna Universitas Binaniaga Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36350/jskom.v1i2.44

Kata Kunci:

Clustering, Penentuan, Prioritas, Silhouette Index, Algoritma K-Means Clustering

Abstrak

Perpustakaan keliling menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan sumber informasi dan minat baca di sekolah. Maka dari itu diperlukan suatu aplikasi untuk pengambilan keputusan mengenai kunjungan perpustakaan keliling dengan menggunakan variabel jumlah judul, jumlah eksemplar, dan jumlah siswa. Salah satu cara agar bisa menentukan sekolah prioritas kunjungan perpustakaan keliling dengan cara mengelompokkan data berdasarkan kriteria tertentu dengan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu prioritas tinggi, prioritas rendah, dan prioritas sedang. Algoritma K-Means merupakan salah satu metode pengelompokkan yang dapat mengelompokkan objek – objek berdasarkan kemiripan sifat yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Algoritma K-Means Clustering untuk menentukan sekolah kunjungan perpustakaan keliling. Dari pengelompokkan menggunakan Algoritma K-Means Clustering didapatkan hasil pada  iterasi ke-8 dengan dibagi menjadi tiga kelompok dimana masing – masing kelompok sekolah memperoleh 222 sekolah untuk prioritas tinggi, 4 sekolah untuk prioritas rendah, dan 33 sekolah untuk prioritas sedang. Penelitian ini sudah melakukan uji kelayakan pada aplikasi yang dibangun dengan nilai kelayakan sebesar 91,07%, serta sudah dilakukan pengukuran silhouette coefficient secara manual dengan Silhouette Index dengan nilai 0,688 yang berarti masuk kedalam kategori Struktur Kuat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] Aksara, T. G. (2020). Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Surabaya: PT Dinamika Astrapedia Sejahtera.

[2] Anardani, S. (2019). Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Pemodelan UML (Unified Modeling Language) Tools. Madiun: UNIPMA Press.

[3] Fikry, M. (2019). Basis Data. Lhokseumawe: Unimal Press.

[4] Hadi, D. A. (2016). Belajar HTML & CSS Dasar. malasngoding.com.

[5] Hartono, B. (2021). Cara Mudah Dan Cepat Belajar Pengembangan Sistem Informasi. Semarang: Yayasan Primaagus Teknik.

[6] Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Rekayasa Perangkat Lunak. Sidoarjo: Umsida Press.

[7] Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge In Data An Introduction To Data Mining. United State Of America: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

[8] Ma'arif, A. (2020). Buku Ajar Pemrograman Lanjut Bahasa Pemrograman Python. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

[9] Mashuri, C., & Mujianto, A. H. (2021). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Simulasi Optimasi Waktu Produksi Pada Industri. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

[10] Much Aziz Muslim, B. P. (2019). Data Mining Algoritma C4.5. Semarang.

[11] Permana, Idham Irama, dan Miftahudin, Muhamad. (2025). Penerapan Metode Content-Based Filtering Untuk Rekomendasi Pada Resep Obat Berdasarkan Diagnosa Pasien. Jurnal Ilmiah Saintekom, Volume 01 No. 01. Juni 2025; 52 – 62.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Penerapan Metode K-Means untuk Penentuan Sekolah Prioritas Kunjungan Perpustakaan Keliling. (2025). Jurnal SAINTEKOM (Sains Dan Teknologi Komputasi), 1(2), 83-107. https://doi.org/10.36350/jskom.v1i2.44