Penerapan Metode K-Means untuk Pemetaan Potensi Perluasan PasarSecara Digital Marketing terhadap UMKM

Penulis

  • Resty Friska Yanthi Halawa Universitas Binaniaga Indonesia Penulis
  • R. Joko Sarjanoko Universitas Binaniaga Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36350/jskom.v1i2.43

Kata Kunci:

Algoritma K-Means, Digital Marketing, Pemetaan, Prototyping, silhouette coefficient

Abstrak

Pemetaan potensi perluasan pasar secara digital marketing terhadap UMKM merupakan pengelompokan UMKM dengan berbagai atribut berdasarkan variabelnya guna membantu pihak terkait dalam menentukan UMKM yang berpotensi diberikan pelatihan digital marketing. Bersarkan pemasalahannya belum diketahui potensi perluasan pasar untuk pemberian pelatihan digital marketing dan belum diketahui efektifnya proses pemetaan potensi perluasan pasar untuk pemberian pelatihan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemetaan potensi perluasan pasar UMKM dan mengukur tingkat efektifitas penerapan algoritma K-Means untuk pemetaan UMKM berdasarkan potensi perluasan pasarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan model menggunakan model Research and Development oleh Borg dan Gall menggunakan algoritma K-Means dengan meteode pengembangan prototyping. Klaster yang ditentukan berjumlah 2 sesuai dengan tingkatannya yaitu berpotensi dan tidak berpotensi. Pada aplikasi yang dibangun telah dilakukan uji hasil dengan kuesioner kepada pengguna sebesar 87,9%, yang berarti “sangat layak”, serta hasil kuesioner kepada ahli sistem sebesaar 100% yang berarti “sangat layak”, serta telah dilakukan uji validitas klaster menggunakan silhouette coefficient sebesar 0,80 yang termasuk ke dalam kategori kekuatan klaster “kuat” berdasarkan pada tabel kategori silhouette coefficient.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] Amna. (2023). Data Mining. PT. Global Eksekutif Teknologi.

[2] Arhami, M., & Nasir, M. (2020). Data Mining - Algoritma dan Implementasi. Andi.

[3] Elsa, dan Utari, Lis. (2025). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) untuk Optimasi Performa Traffic pada Situs UMKM. Jurnal Ilmiah Saintekom, Volume 01 Nomor 01. Juni 2025; 49 – 51.

[4] Primartha, R. (2020). Belajar Matchine Learning Teori dan Praktik. INFORMATIKA.

[5] Santoso,B. ,Azminuddin,I..,&Zohrahayaty,mA.(2020).Matchine Learning & Resoning

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2025

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Penerapan Metode K-Means untuk Pemetaan Potensi Perluasan PasarSecara Digital Marketing terhadap UMKM. (2025). Jurnal SAINTEKOM (Sains Dan Teknologi Komputasi), 1(2), 66-82. https://doi.org/10.36350/jskom.v1i2.43